Rabu, 21 Desember 2011

Agama


BAGAIMANA KONSEP MANUSIA MODERN
Pembahasan konsep manusia lebih berhubungan dengan pandangan dasar atau konsep dasar tentang manusia yang berhubungan dengan idielogi.
Secara umum dapat dikatakn bahwa pandangan umum modernisme terkait dengan konsep diwakili oleh paham materialisme, rasionalisme, empirisme, dan hedonisme.
pertama materialsme. Materialisme merupakan paham atau aliranyang menganggap bahwa didunia ini tidak ada selain materi atau alam (nature). Sebagaimana yang diutarakan oleh ludwig feuerbach, hanya alamlah yang ada. Hal yang lain yang menjadi ciri khas materialisme adalah bahwa yang terpenting dari manusia bukanlah pada akal atau ruh, melainkan pada dimensi usaha.
Materialismeberpendapat bahwa manusia dan alam ini tidak diciptakan oleh Tuhan, sebagaimana diakui dalam Islam, namun tercipta melalui proses sebab akibat yang sepenuhnya bersifat materi. Bahkan pada titik yang paling ekstrim, materialisme mengikari adanya Tuhan (athisme). Sebutan lain dari materialisme adalah naturialsme.
Kedua rasionalisme adalah paham filsafat yang menyatakan bahwa akal (reason) alat terpenting untuk memperoleh pengetahuan. Menurut aliran rasionalisme, seluruh pengetahuan diperoleh dengan cara pikir. Jadi maksud dari rasionalisme disini adalah kebenaran hanya ditentukan oleh pembuktian logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, dari pada melalui iman, dogma, atau ajaran agama.
Ketiga empiris. Empirisme adalah aliran filsafat yang menyatakan bahwa pengetahuan manusia didapatkan dari sebuah sesuatu yang dapat dilihat, sesuatu yang nyata (empiris), yang nampak mata, yang dapat diindera, dan dapat observasi. Singkat kata, pengetahuan manusia harus bersifat logis dan mempunyai bukti empiris.
Keempat hedonisme. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Mereka beranggapan hidup ini hanya sekali, sehingga mereka meras ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar